* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

SEKAWAN TEMPAT PETERNAKAN

Tip menjinakkan pentet bagong

On Rabu, 19 September 2012 0 komentar


Buat agan-agan semua tentu tahu burung Pentet , cendet atau toet adalah burung yang menarik untuk di pelihara, selain karena suaranya yang nyaring juga keindahan bulunya. burung ini termasuk jenis yang mudah beradaptasi seperti halnya dengan burung kutilang ( cangkurileung ) dan trucukan ( jogjog) .
Burung ini termasuk burung predator yang selain memakan serangga burung ini juga memangsa burung - burung kecil sekelas emprit ,kacamata ,prenjak dan malah anakan ciblek kadang juga memangsa kadal ataupun binatang kecil lainnya. karena nafsu makannya yang begitu besar membuat burung ini cepat manja. dan akan lebih manja lagi jika kita selalu membiasakan memberi makanan langsung dari tangan ke burung ini.celakanya lagi ternyata bukan hanya burung muda yang bisa terkena penyakit manja ini burung dewasa yang sudah jadipun cepat menjadi manja dalam waktu sekejap apabila kita sengaja memberikan makanan kesukaannya lewat tangan kita ke burung ini. jadi jangan biasakan memberi makan burung ini langsung dari tangan anda! karena jika pentet kita menjadi manja maka burung ini akan menjadi malas bersuara dan akan langsung turun begitu melihat yang empunya.. tentunya hal ini berpengaruh pada kualitas dari burung tersebut. tapi kalau anda memang lebih menyenangi burung ini untuk bermain-main dengan anda karena kemanjaannya , anda bisa melewati tulisan dibawah ini :)


Lalu bagaimana mengatasi burung pentet yang terlanjur manja ( berbunyi ngek-ngek sambil sayapnya ngleper jika melihat orang).

1: Hal pertama adalah memberi rasa takut pada burung ini ,jangan khawatir burung ini akan stress ,justru kemanjaannya malah membuat pemiliknya bertambah stress :P . Caranya dengan menyemprotkan sprayer yang sebelumnya di isi dengan air bersih yang sudah disimpan dalam lemari es ( bukan freezernya )  pada burung ini setiap kali burung ini turun dari tangkringannya dan merengek meminta makanan pada kita. lakukan berulang kali setiap hari. jika kita ingin memberinya EF semisal jangkrik kita bisa memberi cepuk makan tambahan untuk jangkrik atau serangga lainya, dan masukan makanannya hanya diluar kandang ! lalu masukan kembali cepuk berisi makanan/EF ke kandangnya.

2: Hal kedua adalah mengkarantina burung ini dari pandangan kita. kita bisa menempatkan burung ini di belakang rumah atau tempat lain yang jarang orang lewati.

3: Hal ketiga adalah full krodong .

4: Hal ke empat adalah kombinasi dari semua cara diatas .


Dan menurut pengalaman saya burung pentet manja akan kembali berangsur normal dalam waktu beberapa minggu jika kita telaten memberi terapi tersebut diatas . Jadi jika cara - cara tersebut tidak mempan untuk pentet anda, mungkin sudah saatnya anda mengiklaskan pentet anda berpindah tangan , hehehe
semoga berhasil dengan perawatan pentetnya.

0 komentar:

Poskan Komentar